Jumat, 10 Februari 2012

OLAHRAGA

Mendengar kata "olahraga" pasti identik dengan kesehatan tubuh.Hal ini benar adanya dimana olahraga teratur melindungi kesehatan fisik dan mental,mengurangi resiko terkena penyakit menahun meningkatkan angka harapan hidup serta menaikkan kualias hidup dimasa depan.
Mungkin sebagian orang tidak menyukai olahraga termasuk saya sehingga berdampak pada kelebihan berat badan atau sering tidak bersemangat dalam menjalankan kegiatan. Namun bukan hal tak mungkin untuk mencoba dari sekarang melakukan olahraga secara teratur seperti senam aerobik,jogging,berenang,bersepeda,dan sebagainya.Karena olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan khususnya untuk teman-teman yang masih muda yang masih bisa berolahraga secara maksimal.
Manfaat Olahraga Bagi kesehatan
Olahraga rutin berguna bagi sistem tubuh,terutama sistem kardiovaskuler,otot,dan kerangka,serta pernafasan.Olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental dengan memberi kesenangan,mengurangi ketegangan,dan menimbulkan perubahan fisik yang memperbaiki suasana perasaan.
Manfaat kesehatan bagi sistem tubuh adalah:
  1. Meningkatkan pasokan darah ke otak menaikkan kesiagaan mental,sedangkan perubahan kimiawi tubuh yang terjadi akan meningkatkan suasana perasaan 
  2. Jantung menjadi lebih kuat dan bisa memompa darah lebih banyak pada setiap denyutnya
  3. Tekanan darah berkurang dan memperkecil bantuan untuk mengurangi resiko penyakit kardovaskuler 
  4. Paru-paru menampung lebih banyak oksigen setiap bernafas dan memasok lebih banyak oksigen keseluruh tubuh
  5. Otot -otot menguat dan semakin efisien sehingga bisa bekerja untuk waktu yang lebih lama
  6. Sendi-sendi menguat serta lebih luwes dan gesit akibat olahraga
  7. Tulang-tulang menjaga kekuatan dan kepadatannya sehingga lebih kuat terhadap kerusakan dan penyakit
selain itu ternyata olahraga menjadi stimulan yang kuat untuk hipothalamus untuk melepaskan semua hormon pituitari anterior.Seperti yang kita ketahui kelenjar pituitari anterior menghasilkan hormon-hormon yang sangat bermanfaat bagi tubuh,misal hormon pertumbuhan (growth hormon) yang berfungsi menurunkan penggunaan glukosa dan meningkatkan konsumsi lemak,FSH dan LH yang sangat penting untuk menstimulasi pendewasaan dan pelepasan sel telur dari ovarium

Agar bermanfaat,olahraga harus dilakukan secara rutin. Yang disarankan adalah setidaknya 30 menit olahraga ringa,misalnya berjalan cepat setidaknya 5 kali dalam satu minggu. Untuk lebih bugar dan untuk mengurangi berat badan,perlu olahraga lebih berat.

Untuk mencegah keterlaluan atau cedera dalam berolahraga, mulailah menetapkan sasaran yang realistik. Bila anda tidak fit,mulailah berolahraga dengan lambat dan berangsur meningkat. Jaga jangan sampai terlalu memaksa diri sampai terasa nyeri atau sakit.Gunakan peralatan yang benar,pelindung,pakaian maupun sepatu olahraga.Setiap kali berolahraga mulailah dengan pemanasan dan akhiri dengan pendinginan untuk mencegah kejang-kejang otot dan mengurangi resiko cedera.

Kebanyakan orang,berapapun usianya dapat memperoleh banyak manfaat dari olahraga misalnya,kegiatan olahraga untuk anak-anak seperti permainan sepak bola,berenang ringan bagi wanita hamil yang bisa meregangkan dan melatih otot sambil tubuh ditopang oleh air serta kegiatan jalan-jalan pada kaum lansia yang dapat mengurangi efek penuaan dengan menjaga kekuatan otot dan tulang.

Begitu banyak manfaat olahraga meskipun kita baru menyadarinya saat ini  dan tidak ada kata terlambat untuk memulainya.Mulailah dengan olahraga ringan dan rutin di setiap pagi atau pun sore hari disela-sela kesibukan kita. Karena kesehatan itu perlu dijaga dan tugas kita lah untuk menjaganya. Semoga kita dapat berolahraga dengan baik dan benar sehingga kesehatan kita terus terjaga dan aktivitas yang kita lakukan sehari-sehari dapat dilakukan dengan lebih bersemanngat,
SALAM OLAHRAGA!!!!!!

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus