Minggu, 08 April 2012

Tips Menghilangkan Jerawat

Memasuki pubertas seringkali membekaskan perubahan di kulit> Eksim bayi yang biasa menyerang anak lebih kecil,bisa menghilang sama sekali sebelum atau di masa remaja. Namun bentuk lain eksim,yaitu eksim kontak,bisa terjadi pertama kali di masa remaja. Eksim kontak bisa timbul dari kontak dengan logam atau kosmetika tertentu,dan menyebabkan ruam merah gatal. Masalah kulit lain,seperti psoriasis misalnya,juga bisa timbul pertama kali di masa remaja. Namun perubahan kulit yang mencolok adalah disebabkan oleh naiknya tingkat hormon-hormon seksual. Beberapa hormon itu merangsang kelenjar sebaceous di kulit untuk meningkatkan produksi sebum atau suatu zat lemak yang membantu melumasi kulit. Meningkatnya aktivitas kelenjar sebaceous tak hanya kulit tampak berminyak,namun juga merangsang timbulnya jerawat yang menghinggapi hampir semua remaja sampai derajat tertentu.
 

Timbulnya jerawat di wajah kita pastinya menimbulkan banyak masalah. Selain wajah kita yang keliatan tidak bersih,jerawat juga mempengaruhi percaya diri kita dalam beraktivitas. Dari pengalamanku jerat memang sangat mengganggu jadi sangat perlu sekali kita tahu apa-apa saja yang bisa kita lakuin untuk menghilangkan jerawat di wajah kita.
Ini tips-tips yang untuk menghilangkan jerawat
  • Bersihkan wajah secara teratur namun jangan lebih dari dua kali sehari. Gunakan sabun yang lembut dan air bersih untuk mencuci wajah 
  • Bersihkan semua make up di malam hari
  • Gunakan kosmetik berminyak dan minyak rambut Afro-Karibian sesekali saja
  • Sinar matahari bisa membantu menghilangkan jerawat ringan,namun jangan sampai gosong terjemur 
Tidak ada bukti bahwa timbulnya jerawat bisa disebabkan atau diperburuk oleh rambut yang menutup wajah. Juga bukan karena kurang olahraga atau makan permen,cokelat,ataupun makanan berlemak yang sering disebut sebagai faktor pencetus. Namun,kesehatan umum akan meningkat dengan makanan bergizi dan olahraga teratur.


Penanganan Jerawat
tidak ada penyembuhan seketika untuk jerawat walau banyak tersedia obat yang bisa memperbaiki penampilan kulit. Sebelum memeriksanya ke dokter,cobalah dulu losyen dan krim yang mengandung benzoil peroksida. Bahan ini membuka pori dan membunuh bakteri,sehingga mengurangi jumlah bintik. Namun benzoil peroksida dapat membuat kulit perih. Jerawat sedang sampai parah haruslah diobati. Dokter bisa meresepkan antibiotik dosis rendah jangka pendek,yang harus dipakai sedikitnya enam bulan. Selain itu dokter bisa meresepkan ramuan kulit yang mengandung obat retinoida. Krim ini membuka sumbatan pori dengan mengangkat lapisan permukaan kulit. Bila antibiotika dan atau retinoida tidak efektif,jerawat anda sangat parah,dan timbul parut.Dokter bisa merujuk anda ke spesialis yang bisa memberikan retinoid secara oral,misalnya isoretionida. Obat ini biasanya sangat efektif . Namun karena efek sampingnya,perlu pemeriksaan darah berkala saat anda memakainya. Wanita tidak boleh hamil saat diobati dengan retionida oral karena obat ini dapat mengakibatkan malformasi serius pada janin.


dari tips-tips diatas banyak hal yang bisa kita lakuin untuk menghilangkan jerawat. Intinya hidup bersih sangat diperlukan untuk mendapatkan wajah yang bebas jerawat. Mulai sekarang mari kita sama-sama biasakan untuk mencuci wajah secara teratur dan jerawat akan "angkat kaki" dari wajah kita.
tidak ada kata terlambat untuk mencoba
let's do the best for our beauty face !!!!!!!!!!!!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar